My Blog arief yanto rukmana

Harajuku Fashion Shop and Style

Amezaiku – Seni Permen Unik dari Jepang

on May 6, 2011
Ini merupakan gambar wagashi makanan jepang
Permen Jepang
. hayu pesan dan coba rasanya🙂
calling di at twitt : @arief_okebanget
Amezaiku

Apa sih amezaiku itu? Amezaiku adalah seni tradisional pembuatan permen ke berbagai macam bentuk hewan dan karakter lainnya yang berasal dari Jepang.

Seni yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu ini sebenarnya sekarang sudah mulai langka bahkan di Jepang, negara asalnya sendiri. Mungkin hanya ada segelintir orang yang masih mempraktekkan seni ini.

Beberapa praktisi amezaiku yang masih ada sampai saat ini antara lain adalah Masaji Terasawa dan Takahiro Mizuki, dan Mizuki.

Cara pembuatan seni permen (candy art) oleh amezaiku memiliki beberapa tahapan. Pertama, sirup pati ketan direbus sampai menjadi lentur dan berwarna transparan. Kemudian, bahan ini dibagi menjadi beberapa bagian kecil dan ditarik dan diremas sang seniman. Kontak dengan udara selama proses ini menghasilkan warna putih.

Seniman Amezaiku

Seniman amezaiku dengan menggunakan berbagai peralatan, seperti gunting kecil, pinset, dan ujung sumpit, selanjutnya harus membentuk karakter, hewan, ataupun bentuk lainnya dengan cepat. Hal ini dikarekan media yang digunakan, yaitu permen, memiliki sifat yang cepat mengeras, sehingga mereka hanya memiliki waktu 3-5 menit untuk menghasilkan bentuk permen yang diinginkan.

Seniman mencubit, menarik atau membengkokkan permen untuk menciptakan bentuk hewan, baik itu burung, kuda atau naga. Selanjutnya, dia juga akan mencat permen yang telah mereka bentuk dengan pewarna makanan sebagai dekorasi untuk membuat permen menjadi lebih menarik. Beberapa seniman amezaiku juga terkadang melakukan trik sulap dan menceritakan kisah-kisah selagi membuat amezaiku.

cara membuatnya:

Lebih Lanjut tengtang “Permen Unik Khas Jepang”

Amezaiku (饴细工) Adalah kerajinan seni permen jepang. . Seniman akan mewarnai gula-gula dan menggunakan tangan serta alat-alat lain seperti pinset dan gunting untuk menciptakan sebuah patung dari permen. Seorang seniman Amezaiku juga memberi warna permen mereka dengan pewarna dapat dimakan untuk memberikan pekerjaan yang lebih menyerupai karakter asli. Hewan dan seranggaadalah bentuk umum yang diciptakan oleh seniman Amezaiku untuk menarik anak-anak . Artis akan sering menciptakan karakter hewan yang rumit dengan kecepatan seorang ahli. Beberapa seniman Amezaiku merupkan artis jalanan yang juga akan melakukan trik sulap dan menceritakan cerita bersama dengan pembuatan kerajinan permen untuk menghibur para pelanggannya.
PERMEN KHAS: 

Sumber


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: